Jurnal Belajar Siswa

Jurnal Belajar siswa
adalah curah pendapat untuk menuliskan pikiran dan perasaan tentang kegiatan belajar di sekolah

CONTOH JURNAL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1

Hal yang baru dan bermanfaat yang anda dapatkan setelah belajar !
  1. Saya bisa memahami apa yang disampaikan oleh teman tentang penjelasannya
  2. Saya sangat senang karena saya dapat menjawab pertanyaan orang lain
  3. Pada saat ini saya telah mendapatkan ilmu tentang kelompok sosial
  4. Ilmu pengetahuan tentang mengamati gambar yang ebnar dan yang jelas
  5. Saya mendapat ilmu tentang bagaimana cara memahami gambar yang baik dan benar
  6. Belajar sangat menyenangkan dan cepat mengerti sehingga ilmu yang belumtahu sama sekali sekarang menjadi tahu
  7. Sangat memuaskan karena saa dulu tidak bisa memahami sebuah gambar, betapa sekarang saya sudah bisa
  8. Saya lebih mengetahui apa itu yang dimaksud dengan kelompok kekerabatan
  9. Sangat memuaskan dan senang sekali karena apa yang tidak saya dapat bisa menjadi saya tahu
  10. Tentang kekerabatan yang mana sebelumnya saya kurang tahu
Hal yang masih membingungkan setelah belajar !
  1. Belum tahu mengatur kelompok dan cara menjelaskannya
  2. Belum mengerti tentang kelompok nelayan
  3. Tentang kelompok kekerabatan merupakan kelompok social
  4. Kelompok satu menjelaskan kurang baik dan kelompok tiga cukup memuaskan dalam menjawabnya
  5. Penjelasan kelompok dua masih membingungkan saya
  6. Belum ada
  7. Belum lancar dalam memahami gambar kelompok sosial
  8. Masih kurang mengetahui pemahaman tentang pembelajaran ini
  9. Saya masih ragu dalampembahasan dan penjelasan ini
  10. Masih kurang mengerti dan memahami dengan sepenuhnya
Rencana hal yang akan saya lakukan untuk ke depan !
  1. Lebih giat belajar dan lebih rajin sekolah
  2. Untuk meningkatkan lebih baik dari pada hari ini dan mudah-mudahan saya mulai bisa menanggapi diskusi ini
  3. Lebih giat belajar dan memperhatikan baik penjelasan dari guru ataupun teman
  4. Saya akan lebih giat dan banyak latihan supaya lancer
  5. Untuk menggapai impian belajar yang giat supaya menjadi orang yang sukses dan bisa membahagiakan orang tua
  6. Belajar agar saya menjadi orang sukses
  7. Saya belajar sungguh-sungguh supaya sukses karena kunci keberhasilan adalah ingat Allah
  8. Terus belajar dengan serius
  9. Giat belajar dan lebih konsentrasi dalam belajar
  10. Belajar lebih giat lagi
JURNAL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 2
Hal yang baru dan bermanfaat yang anda dapatkan setelah belajar !
  1. Saya sangat puas dengan kerjasama dan kekompakan dalam kelompok
  2. Pelajaran sosiologi pagi ini sangat membuat saya senang dan semangat
  3. Saya sudah paham tentang dinamika kelompok dan contoh-contohnya
  4. Saya memahami bagimana belajar kelompok yang baik
  5. Saya dapat memahami semua hasil kelompok
  6. Pelajaran sangat memuaskan yang tadinya belum mengerti menjadi mengerti
  7. Hari ini saya dapat menjawab pertanyaan dari teman kelompok
  8. Tentang dinamika kelompok sekarang saya lebih mengerti
  9. Dengan belajar dapat menciptakan perubahan dan perkembangan
  10. Saya bisa berkelompok dengan baik semoga dengan kelompok ini saya rajin belajar
Hal yang masih membingungkan setelah belajar !
  1. Kurangnya kekompakan yang dilakukan oleh kelompok lain
  2. Kurang memahami penjelasan dari kelompok dua
  3. Cara kelompok dua menyampaikan kurang jelas dan belum saa pahami
  4. Dalam belajar masih susah mengerti pelajaran tersebut
  5. Saya bingung masalah yang baru yang saa dapat hari ini
  6. Di dalam menerangkan masih agak bingung karena kurang lancarnya berbahasaIndonesia dengan baik
  7. Kurang paham dalam menjelaskan
  8. Kami dari kelompok dua masih bingung dan ragu melihat kelompok satu yang kurang semangat
  9. Saya belum bisa menjawab pertanyaan dengan maksimal
  10. Belum ada komentar
Rencana hal yang akan saya lakukan untuk ke depan !
  1. Rajin belajar supaya sukses dan banggakan orang tua
  2. Saya rajin belajar agar bisa membahagiakan orang tua
  3. Meningkatkan cara belajar saya, supaya bisa menjelaskan dalampembelajaran ini
  4. Akan lebih meningkatkan lagi bagaimana cara belajar diskusi yang baik
  5. Saya harus lebih giat lagi belajar dan mendengarkan perkataan guru
  6. Supaya kelompok besok lebih baik dari kelompok sekarang
  7. Saya bisa menanggapi apa yang disampaikan oleh teman satu tentang apa yang disampaikan
  8. Ingin mengetahui lebih jauh
  9. Saya ingin serius belajar dengan cara belajar yang serius
  10. Belum ada komentar
JURNAL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3
Hal yang baru dan bermanfaat yang anda dapatkan setelah belajar !
  1. Saya dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru
  2. Saya dapatkan adalah mengerti tentang keanekaragaman
  3. Bisa menambah ilmu pengetahuan
  4. Arahan bapak agar kami selalu aktif dalam menghadapi persoalan
  5. Bisa mendapat wawasan yang baru dalam belajar
  6. Mampu menjawab pertanyaan dari kelompok satu
  7. Belum ada komentar
  8. Belum ada komentar
  9. Belum ada komentar
  10. Belum ada komentar
Hal yang masih membingungkan setelah belajar !
  1. Cara berdiskusi hari ini
  2. Cara mendiskusikan keanekaragaman belum paham
  3. Masih kurang mengerti tentang materi
  4. Cara menangkap pelajaran
  5. Masih kurang mendekati yang dijelaskan oleh teman
  6. Masih kurang mengerti
  7. Tidak ada pesan yang disampaikan oleh teman dengan jelas
  8. Belum ada komentar
  9. Belum ada komentar
  10. Belum ada komentar
Rencana hal yang akan saya lakukan untuk ke depan !
  1. Akan lebih giat dan bersungguh-sungguh dalam memahami perkumpulan
  2. Lebih giat untuk memahami dan bertanya kepada guru bidang studi yang belum mengerti
  3. Lebih giat dan konsen mendengarkan penjelasan guru maupun teman
  4. Belajar giat untuk mencapai kesuksesan
  5. Belajar giat, berbakti kepada Allah, orang tua dan guru
  6. Memahami pelajaran dan konsentrasi dalam belajar
  7. Belajar dengan penuh semangat dan bisa meraih juara
  8. Belajar yang giat dan bisa membangggakan orang tua, dan pasti sekolahku lanjut
  9. Belum ada komentar
  10. Belum aada komentar
JURNAL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1
Hal yang baru dan bermanfaat yang anda dapatkan setelah belajar !
  1. Saya sudah tahu apa bahaya yang diakibatkan oleh penyakit HIV, AIDs
  2. Mengetahui tujuan senam lantai
  3. Saya sudah dapat memperagakan cara bernafas dalam air
  4. Sudah tahu pengaruh kebugaran jasmani dalam kehidupan sehari-hari
  5. Saya sudah dapat kalau olahraga bermain volley dapat menyehatkan badan
  6. Saya mengetahui kalau dengan cara berenang bisa menyehatkan tubuh dari orang gemuk menjadi kurus karena sering berenang
  7. Saya mengetahui teknik dasar senam lantai
  8. Saya bisa mengetahui bagaimana keadaan alam sekitar dengan penjelajahan
  9. Tentang teknik melempar bola ke dalam lapangan
  10. Saya mengetahui tentang budaya hidup sehat
Hal yang masih membingungkan setelah belajar !
  1. Bagaimana posisi pemain basket
  2. Berapa macam gerakan dasar senam irama tanpa alat
  3. Belum bisa memperagakan teknik cara berenang dengan gaya kupu-kupu, bebas dan dada
  4. Apa saja peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
  5. Bagaimana posisi senam lantai
  6. Bagaimana posisi senam irama tanpa alat
  7. Bagaimana cara melempar cakram
  8. Tidak mengetahui tentang renang gaya punggung
  9. Belum tahu cara teknik berenang
  10. Bagaimana cara permainan rounders
Rencana hal yang akan saya lakukan untuk ke depan !
  1. Saya akan lebih giat belajar terutama pada pelajaran penjas yang masih membingungkan
  2. Saya akan lebih sering memperagakan cara senam
  3. Saya akan membuat kesimpulan
  4. Saya akan sering bertanya kepada guru/teman seputar pembelajaran yang belum paham
  5. Membuat kesimpulan setiap akhir bab
  6. Saya akan sering mengerjakan tugas-tugas yang ada di buku
  7. Saya akan mengulangi pelajaran yang sudah lewat supaya tetap ingat
  8. saya akan menjaga tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit
  9. 9.saya akan selalu hadir kecuali hari libur
  10. 10.Saya akan patuh kepada guru
JURNAL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2
Hal yang baru dan bermanfaat yang anda dapatkan setelah belajar !
  1. Saya dapat mengetahui cara mengatur pola hidup sehat
  2. Saya dapat mengetahui manfaat dari buah-buahan
  3. Saya dapat mengetahui asal- usul sepak bola
  4. Saya dapat mengetahui jenis perguruan pencak silat di Indonesia
  5. Mampu menjawab pertanyaan dari kelompok satu
  6. Belum ada komentar
  7. Belum ada komentar
  8. Belum ada komentar
  9. .Belum ada komentar
Hal yang masih membingungkan setelah belajar !
  1. Cara berdiskusi hari ini
  2. Cara mendiskusikan keanekaragaman belum paham
  3. Masih kurang mengerti tentang materi
  4. Cara menangkap pelajaran
  5. Masih kurang mendekati yang dijelaskan oleh teman
  6. Masih kurang mengerti
  7. Tidak ada pesan yang disampaikan oleh teman dengan jelas
  8. Belum ada komentar
  9. Belum ada komentar
  10. Belum ada komentar
Rencana hal yang akan saya lakukan untuk ke depan !
  1. Akan lebih giat dan bersungguh-sungguh dalam memahami perkumpulan
  2. Lebih giat untuk memahami dan bertanya kepada guru bidang studi yang belum mengerti
  3. Lebih giat dan konsen mendengarkan penjelasan guru maupun teman
  4. Belajar giat untuk mencapai kesuksesan
  5. Belajar giat, berbakti kepada Allah, orang tua dan guru
  6. Memahami pelajaran dan konsentrasi dalam belajar
  7. Belajar dengan penuh semangat dan bisa meraih juara
  8. Belajar yang giat dan bisa membangggakan orang tua, dan pasti sekolahku lanjut
  9. Belum ada komentar
JURNAL BELAJAR SISWA SMK KELAS XI PETERNAKAN
Hal yang baru dan bermanfaat yang anda dapatkan setelah belajar !
  1. Saya dapat membuat keterampilan
  2. Saya dapat melakukan apa ang sebelumnya tidak dapat saya lakukan
  3. Saya jadi tahu apa apa yang disampaikan oleh guru
  4. Saya tahu cara bermain drama
  5. Saya bisamemanfaatkan barang-barang bekas
  6. Saya bisa jadi mandiri untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan
  7. Saya dapat menjaga diri saya sendiri
  8. Saya jadi tahu apa saja jenis kemampuan
  9. Saya tahu apa saja seni-seni yang ada di Indonesia
  10. Saya jadi tahu asal mula asal bunyi music
Hal yang masih membingungkan setelah belajar !
  1. Mengapa saya tidak bisa bermain engrang
  2. Guru menyuruh kami mengumpulkan tugas, tapi entah tugas apa
  3. Cara belajarnya
  4. Saya tidak tahu apa yang harus saya tanyakan kepada guru
  5. Mengapa tidak pernah mencatat
  6. Muridnya selalu rebut di dalam kelas
  7. Mengapa saya nakal
  8. Saya belum tahu apa itu seni budaya
  9. Saya selalu mengantuk di kelas
  10. Saya tidak tahu apa itu sen budaya
Rencana hal yang akan saya lakukan untuk ke depan !
  1. Saya akan lebih giat belajar
  2. Saya akan memanfaatkan waktu yang ada
  3. Saya akan merubah kelakuan yang jelek
  4. Saya akan mengembangkan usaha usaha keterampilan
  5. Saya tidak akan mencontoh sifat yang jelek
  6. Saya ingin bertanya dengan guru
  7. Saya akan menolong sesama teman
  8. Saya akan berbuat baik
  9. Saya akan jadi mandiri
  10. Saya tidak menresahkan orang tua dan guru
Hal yang baru dan bermanfaat yang anda dapatkan setelah belajar !
  1. Dapat mengetahui serta menanggapi arti seni dari para tokoh seni sedunia
  2. Membuat inspirasi untuk selalu menciptakan hal baru/krajinan tangan
  3. Mendapatkan disiplin yang tinggi
  4. Pada saat belajar kami selalu mendapat ceramah singkat yang memberi motivasi bagi kami
  5. Di dalam kelas  semua siswa bisa berpendapat dan berkreasi
  6. Saya dapat bermain enggrang
  7. Saya bangga belajar seni budaya Indonesia
  8. Saya  dapat mengetahui sejarah tentang berdirinya Janjiraja
  9. Pelarannya tidak hanya teori, namun selalu disertai dengan praktek
  10. Dapat mempelajari hal-hal yang baru dari seni
Hal yang masih membingungkan setelah belajar !
  1. Terlalu lama dalam membahas 1 materi
  2. Masih kurangnya kesadaran untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru
  3. Kurangnya pengetahuan terhadap seni dan budaya luar negeri
  4. Tidak adanya lomba keterampilan tangan antar kelas maupun antar sekolah
  5. Setiap pembahasan tidak selalu berjalan mulus
  6. Alangkah baiknya kita kembali mempelajari permainan rakyat daerah
  7. Tidak jelasnya mengenai nilai yabg diperoleh saat praktek
  8. Tidak adanya kerjasama yang baik antara siswa dengan guru, sehingga memperlama pokok pembahasan
  9. Masih banyaknya ketidak tahuan mengenai lagu daerah dan nasional
  10. Ketidak tahuan siswa terhadap tokoh seni di Indonesia
Rencana hal yang akan saya lakukan untuk ke depan !
  1. Belajar lebih baik
  2. Berusaha dengan sungguh-sungguh
  3. Tidak mengulangi kesalahan yang terdahulu
  4. Memberi teladan yang baik
  5. Beranai menegur kawan yang bandel
  6. Mengajak kawan untuk berubah menjadi yang lebih baik
  7. Memulai perubahan pada diri saya sendiri
  8. Memberikan semangat untuk lebih giat dalam belajar
  9. Meningkatkan prestasi dalam belajar
  10. Tidak menunda-nunda pekerjaan yang diberikan
  11. Tidak menganggap remeh pelajaran
Hal yang baru dan bermanfaat yang anda dapatkan setelah belajar !
  1. Bisa bermain teater
  2. Bisa bermain engrang
  3. Tidak boleh tidur disaat pelajaran seni budaya
  4. Tidak boleh rebut di ruangan pada saat pelajaran seni budaya
  5. Bisa mengetes mental orang lain dengan cara bermain
  6. Disuruh nyanyi dengan not sendiri bukan dengan not orang lain
  7. Bisa belajar membuat kerajinan tangan
  8. Bisa membuat lampu dari bamboo
  9. Bisa membangkitkan karya diri sendiri
  10. Bisa membuat teater tradisional
Hal yang masih membingungkan setelah belajar !
  1. Cara membuat seni yang bagus
  2. Bagaimana cara membuat permainan teater yang bagus
  3. Bagaimana cara geladi disertai dekorasi dan tata music yang baik
  4. .Mengenal permainan daerah lainnya
  5. Setiap materi seni budaya, lama pembahasannya
  6. Ada beberapa siswa yang belum mengerjakan tugas yang diberikan guru
  7. Pengenalan seni budaya luar negeri
  8. Nilai praktek tidak jelas
  9. Lagu daerah banyak yang belum tahu
  10. Siswa banyak tidak tahu terhadap tokoh seni
Rencana hal yang akan saya lakukan untuk ke depan !
  1. Saya akan berusaha menasehati kawan-kawan agar waktu belajar seni budaya tidak ada yang tidur
  2. Saya akan berusaha akan mengikuti praktek yang diberikan bapak
  3. Saya ingin belajar seni budaya harus ada materi yang mencatat
  4. Saya ingin buku tulis yang sudah saya siapkan untuk belajar seni budaya harus diisi
  5. Saya ingin belajar seni budaya dengan mengadakan kuis
  6. Untuk kedepannya saya harus belajar dengan giat supaya saya bisa
  7. Saya ingin kalau waktu praktek harus kompak
  8. Saya akan member saran pada kawan-kawan yang tidak mau kompak
  9. Harus kompak murid dan gurunya
Kesimpulan :
  1. Manfaat bagi murid adalah bahwa jurnal belajar dapat berfungsi sebagai sarana untuk berpikir dan menyadari proses belajar mereka, dan mengkomunikasikan apa yang mereka pikir dan rasakan
  2. Manfaat bagi guru adalah dengan membaca jurnal belajar murid, guru dapat memberikan masukan atau umpan balik untuk murd, dan guru dapat meningkatkan kualitas pengajarannya



























0 Response to "Jurnal Belajar Siswa "

Post a Comment