R. Ikhlas dalam segala amal

  1. Anakku ! semua amal itu tergantung pada niatnya dan setiap orang pasti memiliki niat tertentu. Orang yang meninggalkan makan dan minum sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan maksud berpuasa itu sama saja dengan orang yang meninggalkannya lantaran dia tidak punya. Tetapi orang yang pertama tadi memperoleh pahala berpuasa, sementara orang yang kedua tidak memperoleh pahala sama sekali. Maka tuluskanlah niatmu kepada Tuhan dalam segala amalmu.
  2.  Pelajarilah agama dengan maksud membatasi diri pada ketentuan-ketentuan Allah, mengenai halal-haram. Sehingga apa-apa yang haram kau jauhi lantaran Allah telah melarangmu, dan apa-apa yang wajib kau kerjakan karena Allah telah memerintahmu untuk mengerjakannya.
  3. Dan belajarlah bahasa Arab agar kau bisa tajam menangkap hikmah-hikmah dan nasehat-nasehat yang telah Allah tuangkan dalam kitab-Nya yang mulia dan telah Dia tetapkan melalui sabda Rosul-Nya SAW, di dalam hadist yang benar-benar diriwayatkan dari beliau.
  4. Dan pelajarilah ilmu-ilmu logika supaya hujjahmu kuat dan memiliki pengamatan jeli dalam menolong agama Allah dan mengarahkan makhluk-Nya kepada jalan petunjuk.
  5. Anakku ! jadikan semua amalmu sebagai manifestasi baktimu kepada Tuhan yang telah menciptakanmu dan memberimu kesempurnaan. Jangan mencari selain ridho Tuhanmu.
  6. Tinggalkan perbuatan jelek karean Allah telah memerintahmu untuk meninggalkannya dan kerjakan kebaikan lantaran Allah telah memerintahkanmu untuk mengerjakannya.
  7. Senantiasalah bersikap sopan terhadap teman-temanmu karena Allah telah memerintahmu demkian, bukan karena sesamamu akan member pelajaran lantaran kau mengabaikannya.

0 Response to "R. Ikhlas dalam segala amal"

Post a Comment