H. Etika dalam forum dan di muka umum

  1. Anakku ! kalau berpapasan dengan orang lain, ucapkanlah salam dengan baik, sesai dengan sunnagh Nabi, yaitu ucapan “Assalamu `alaikum”. Tidak usah diembel-embeli dengan kata-kata lain.
  2. Dan jangan memasuki forum oran banyak kecuali dengan meminta izin. Sebab barangkali mereka tengah berembuk mengenai sesuatu yang tidak ingin ada orang lain ikut ampur. Dan jangan suka menyeruak ke tengah-tengah orang lain, hindai sebisamu. Sebab perbuatan seperti itu tentu membuat risih orang lain, meskipun dilakukan oleh orang yang paling alim di antara mereka.
  3. Anakku ! lihat saj dirimu sendiri ketika berada di rumah misalnya, sedang mengerjakan sesuatu yang tak ingin dilihat orang lain. Lantas kau di kejutkan oleh seseorang yang masuk. Bukankah kau merasa keberatan dan mengingnkan orang itu segera pergi ? Begitu pula ketika kau hadir di tengah orang banyak tanpa meminta izin dan mereka tidak menyukai kehadiranmu diantara mereka.
  4. Anakku ! bila kau di undang ke suatu forum orang banyak, dan kau sebagai orang termuda, maka jangan langsung duduk, sehingga mereka mempersilahkanmu. Dan   mengambil tempat duduk  janga mendesak orang lain. Dan jangan memaksa orang lain meninggalkan tempat duduknya kau duduki sendiri. Dan jangan mengambil tempat yang tinggi bia disitu ada yang lebih berhak untuk duduk disana. Dan jika sudah mengambil tempat duduk, lantas ada orang yang lebih layak untuk duduk disitu, maka tinggalkan tempat itu segera, sebelum kau dipersilahkan untuk menyingkir. Niscaya kau akan semakin terhormat di mata rang lain.
  5. Anakku ! jika kau duduk di tengah orang banyak, jangan ikut nimbrung dalam pembicaraan mereka sehingga mereka mengikutsertakanmu. Dan jangan ikut angkat bicara bila di antara mereka terdapat orang yang lebih banyak untuk berbicara. Dan kalau kamu angkat bicara, maka jangan bicara kecuali benar. Dan jangan bicara panjang lebar, kecuali sekedar menegakkan hujjah. Dan jangan menyanggah orang lain kecuali dengan tata karma yang baik dan menjaga diri dari salah ucap. Jangan sekali-kali tertawa terbahak-bahak dalam suatu forum, sebab hal itu adalah perilaku orang-orang rendah dan hina. Kurangi senda gurau sebisamu, sebab banyak gurau itu melenyapkan rasa hormat, malah terkadang bisa menyinggung perasaan orang lain.
  6. Anakku ! jangan duduk kecuali dengan orang yang berharga diri, mulia, bisa menjaga diri dan memiliki sifat sempurna. Hindarilah erbaur dengan orang-orang berandalan dan duduk-duduk dengan meeka. Jauhi forum gunjingan dan adu domba sebisamu. Dan jangan duduk-duduk denga orang fasiq, orang-orang yang hanyut dalam kemaksiatan. Jangan bergaul dengan orang-orang kotor, tukang kibul dan orang-orang munafiq. Sebab perilaku-perilaku jelek itu cepat menular dalam pergaulan, sebagaimana api melahap dahan kering

0 Response to "H. Etika dalam forum dan di muka umum"

Post a Comment