F. Etika belajar, diskusi dan berdebat

  1. Anakku ! jika kau ingin berprestasi, maka jangan suka belajar sendirian. Ajaklah salah seorang teman untuk belajar bersama dan membantumu dalam memahami pelajaran. Kalau kamu temukan suatu permasalahan menurutmu telah kamu mengerti, jangan lantas menganggap cukup, kau lepas kitabmu dan kau bekukan begitu saja permasalahan itu atau kau diktekan kepada teman belajarmu, seolah-olah sedang memberikan penjelasan kepada murid.
  2. Anakku ! berlaku sopanlah terhadap teman yang kau pilih untuk belajar bersama-sama. Jika kau memahami lebih dahulu, jangan lantas sombong karena itu. Dan jika ia menentang pemahamanmu mengenai suatu masalah, maka dengarkan uraiannya, barangkalai justru di yang benar dan pemaamanmu keliru. Hindari perdebatan dengan hal yang tidak betul dan mempertahankan pendapat kalau nyata-nyata keliru.sebab ilmu itu amanat dan barang siapa yang mempertahankan yang salah berarti menyia-nyiakan amanat Allah.
  3. Anakkku ! perbanyaklah   menghafal pengetahuan-pengetahuan yang telah kau peroleh. Sebab bencana ilmu itu adalah lupa.
  4. Ingat ! pada akhirtahunnanti semua pengetahuanmu akan diujikan.pada saat itu nanti,seseorang akan mendapat penghargaan bia mampu menjawab dengan baik. Sebaliknya,seluruh keluarga dan teman-temannya tentu mencemooh bila ternyata tidak mampu menjawab dengan baik .dan kentaralah kalau ia suka sembrono dalam belajar.
  5. Anakku ! jangan sampai hafalanmu  itu sekedar hafalan lafadz yang kamu tak mengerti maksudnya.tapi arahkan kemampuanmu pada penalaran maknadan pemantapan di hati.karena yang namannya ilmu apa yang kau pahami, bukan berarti yang kau hafal.
  6. Anakku ! jarang sekali ada seorang siswa yang bergeromboldengan teman kelompoknya, kecuali alur pembiaraan mereka berkisar pada tukar pikiran dan saling melontarkan pendapat mengenai hal-hal yang mereka ketahui. Maka  kamu jangan suka memotong  pembicaraan seseorang dan jangan tegesa-gesa melontarkan jawaban sebelum kau mantap betul. Jangan suka menyangkal suatu masalah  yang belum kau ketahui . jangan mendebat dengan selain yang betul. Jangan menampakkan sikap angkuh terhadap lawan biara.jangan keluar dari kancah diskusi, sebagai reaksi meremehkan lawan diskusimu, atau menggebraknya dengan kata-kata yang menyakitkan atau mencemoohnya ketika nampak kekeliruannya dalam memahaminya.
  7. Anakku ! berbinang-bincang dengan teman-teman belajar mengenai masalah-masalah ilmiah adalah besar sekali manfaatnya, bisa mempertajam daya pemahaman, melatih mulut, mendorong untuk bisa baik dalam mengutarakan maksud-maksud yang dikehendaki, serta menambah keberanian dan kemajuan pada diri seseorang pelajar. Namun, anakku, semua itu tak ada gunanya di sisi Allah maupun di mata orang lain kalau kau tidak berbudi pekerti luhur, jauh dari kata-kata kotor, berani berkata benar meski resikonya terhadap dirimu sendiri dan dalam hal kebenaran tidak ambil peduli dengan cacian siapa saja.

0 Response to "F. Etika belajar, diskusi dan berdebat"

Post a Comment