B. Kewajiban-kewajiban terhadap sang pencipta yang agung dan terhadap Rosulullah SAW

  1. Anakku ! sesungguhnya Allahlah ang maha besar dan luhur yang telah menciptakan dan mewujudkanmu, dan yang telah mencurahkan nikmat-nikmat lahir maupun bathin kepadamu.
  2. Tidakkah kau sadari bahwa mula-mula kamu adalah air hina di dalam rahim ibumu. Lalu tak henti-hentinya kau mengalami proses berkat nikmat dan rahmat dari Tuhan, hingga ibumu melahirkanmu dalam wujud manusia sempurna. Dia memberimu mulut yang kau pergunakan untuk berbiara, mata untuk melihat, telinga untuk mendengar dan akal pikiran untuk mengetahui mana yang bermanfaat dan mana yan berbahaya bagimu. “Dan Allah telah mengeluarkanmu dari perut ibumu dalam keadaan tak mengerti apa-apa. Dan dia memberimu pendengaran, penglihatan dan hati, supaya kamu bersyukur”.
  3. Bukankah Dzat yang telah memberimu kenikmatan-kenikmatan itu sebagai anugerah dan kebaikan, mampu menariknya kembali bila kau membuat-Nya murka dan Dia benar-benar memurkaimu ?
  4. Anakku ! kewajiban yang pertama terhadap penciptamu yang maha agung adalah “Ma`RIFAT” melalui sifat-sifat sempurna-Nya, berkemauan tinggi untuk taat dan melaksanakan semua perintah-Nya dan meyakini sepenuhnya bahwa sesuatu yang baik itu adalah apa yang menjadi pilihan Allah untukmu. Bukan pilihanmu sendiri. Dengan demikian, jangan sampai keinginan dan kesenangan juga kepatuhan kepada makhluk baik mulia maupun hina itu menghambat ketaatanmu kepada Tuhan.
  5. Anakku ! diantara kemurahan Allah kepada hamba-Nya adalah mengutus paa Rosul. Semoga limpahan sholawat dan salam tetap mengaliri mereka. Untuk membimbing dan member petunjuk makhluk mengenai hal-hal yang dapat membawa kebaikan agama dan dunianya. Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutholib, yang berkebangsaan Arab dari keturunan Hasyim. Maka, sebagaimana halnya kamu harus taat kepada Allah yang telah menciptakanmu, kamu juga harus taat kepada  Rosul-Nya yang mulia. “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan Rosul-Nya dan pemegang kekuasaan diantara kamu”. “ Dan barang siapa yang mentaati Allah dan Rosul-Nya maka Dia akan memasukkanya ke syurga yang di bawahnya mengalir sunga-sungai. Dan barang siapa yang berpaling maka Dia akan menyiksanya dengan siksa yang pedih”.
  6. Anakku ! sungguh Rosulullah SAW tidak pernah mengucap kata-kata dari hawa nafsu. Maka semua perintah dan larangan beliau adalah bersandar pada waktu Allah. Dengan demikian, mentaati beliau, adalah termasuk taat kepada Allah. “Katakanlah wahai Muhammad ! kalau kamu sekalian mencintai Allah maka ikutilah aku, nisaya Allah mencintaimu dan mengampunimu. Dan Allah maha pengampun lagi maha penyayang”.
  7. Anakku ! Tidaklah sempurna iman seseorang sehingga Allah dan Rosul-Nya lebih ia cintai ketimbang yang lain. Rosul bersabda : “Tidaklah beriman seseorang diantara kamu sehingga aku lebih dicintainya ketimbang orang tuanya, anaknya dan semua manusia”.

0 Response to "B. Kewajiban-kewajiban terhadap sang pencipta yang agung dan terhadap Rosulullah SAW"

Post a Comment