K. Nilai utama kejujuran

  1. Anakku ! berusahalan untuk menjadi oang yang jujur dalam segala sesuatu yang kau ceritakan kepada orang lain, sebagaiamana kejujuranmu terhadap dirimu sendiri dan hartamu. Sebab kebohongan itu merupakan kekurangan dan aib yang terburuk.
  2. Dan hindarilah anakku. Jangan sampai kau terkenal sebagai pembohong diantara teman-teman dan guru-gurumu, sehingga tak ada seoarangpun yang menaruh percaya terhadap omonganmu sekalipun kau berkata benar.
  3. Anakku ! jika kau melakukan sesuatu yang karenanya kau layak mendapat hukuman guru, maka jangan bohong ketika beliau menanyaimu. Dan jangan kau timpakan dosa itu kepada salah seorang teman, sebab pada suatu saat kebohonganmu akan terbongkar sehingga kau layak mendapat hukuman berlipat, yaitu hukuman atas dosa dan hukuman atas kebohonganmu. Dan jangan harap hukuman ini akan membebaskanmu dari hukuman Tuhan yang mengetahui segala sesuatu yang terpendam dalam benakmu.
  4. Anakku ! Allah sungguh-sungguh telah mengutuk para pembohong di dalam kitab-Nya. Maka maukah kamu menjadi orang yang terkutuk di sisi Allah, padahal kau termasuk diantara pelajar agama ?
  5. Anakku ! kalau suatu ketika kau berdusta dan selamat lantaran tidak ada seoarangpun yang tahu, maka pada saat yang lain kemungkinan kecil kau bisa selamat. Ketika dustamu terungkap karena ketahuan seseorang.
  6. Anakku ! bila kau tak takut terhadap orang lain saat berbohong, maka tidakkah kau takut terhadap Tuhanmu yang mengetahui sorot-sorot mata ketidak jujuran dan sesuatu yang ada dibalik benakmu ?
  7. Anakku ! sekali saja seseorang mau berbohong, maka mulutnya akan mengulanginya lagi, sehingga hampir tidak pernah bererita dan berkata jujur. Maka usahakan sungguh-sungguh untu memelihara kejujuran dalam segala sesuatu yang mengalir dari mulutmu, jangan sampai terperosok dalamkebohongan meski harusmengorbankan diri.
  8. Anakku ! inilah wasiatku untukmu. Kalau kau termasuk anak yan jujur, sebagaimana mestinya sikap para pelajar, maa berjanjuilah kepadaku untuk tidak berdusta dalam setiap kata. Katakan : Atas janji Allah aku tidak akan berdusta kepada seseorang selama hidupku. Pada hari-hari nanti akan Nampak bagi kita sampai dimana kadar kesungguhanmu memegang janji yang telah kau persaksikan kepada Allah di hadapan guru dan teman-temanmu.
  9. Anakku ! sebagian orang yakin orang-orang yang tak berbudi pekerti itu menjadikan dusta sebagai hasil yang sepele. Maka jangan sekali-kali kau berdusta kepada seseorang, lantas ketika kau ditanya, jawabmu : “Ah saya Cuma bercanda”. Jangan suka berbohong, baik mengenai hal serius maupun sekedar kelakar. Dan jangan sampai mulutmu terbiasa tak benar dan tak jujur.
  10. Katahuilah, bahwa orang sudah dikenal kejujurannya di masyarakat, keluarga dan teman-temannya, tentu omongannya dijadikan landasan tanpa harus disertai bukti, serta menjadi tolak keadilan di mata umum maupun kalangan tertentu. Maka kalau kau ingin menjadi orang terpercaya, maka usahakan untuk jujur dalam setiap kata.

0 Response to "K. Nilai utama kejujuran"

Post a Comment