J. Etika beribadah dan di dalam Mesjid

  1. Anakku ! jangan sekali-kali sembrono dalam beribadah kepada Tuhan, karena Dia telah berfirman dalam kitab-Nya : “Dan tidaklah Aku jadikan jin dan manusia kecuali supaya mereka menyembah-Ku. Aku tidak menghendaki mereka member-Ku rizki dan Aku tidak menghendaki mereka memberi-Ku makan. Sesungguhnya Allahlah sang pemberi rizki, yang memiliki daya yang maha kuat”.
  2. Anakku ! jadilah orang yang selalu berusaha keras untuk menjalankan sholat fardhu secara tepat waktu serta berjamaah. Oleh karena itu kalau saat sholat sudah dekat, segeralah mengambil wudhu. Tak usah berjalan berdesakan dan jangan berlebihan dalam menggunakan air. Setelah tiba saatnya dan muadzin telah mengumandangkan adzan, maka segeralah menghadap kiblat dan kerjakan sholat sunat qobliyah. Dan duduklah dengan tenang serta penuh perhatian hingga sholat berjamaah didirikan dengan khusu` serta penuh pendekatan diri.
  3. Dan ketahuilah, bahwa pada saat sholat itu engkau tengah menghadapt Tuhanmu, engkau berdiri di hadapan-Nya, maka waspadalah terhadap godaan-godaan setan. Jangan tertawa-tertawa di hadapan Tuhanmu da jangan hatimu terpusat pada selain munajat kepada Allah.
  4. Anakku ! bila sudah selesai mengerjakan sholat fardhu, maka kerjakanlah sholat sunnah ba`diyah. Dan berdoalah kepada Allah dengan doa-doa yan baik yang kau sukai. Banyak-banyaklah istigfar dan mintalah tersibaknya tabir bathin, karena sesungguhnya Dialah sang pembuka yang maha mengetahui.
  5. Anakku ! kalau kamu mampu untuk tidak duduk di Mesjid kecuali dalam keadaan punya wudhu (suci), maka usahakanlah. Karena mesjid-mesjid itu merupakan rumah Allah. Dan tidaklah beradab jika kau memmasuki rumah Allah tanpa bersiap untuk beribadah kepada-Nya.

0 Response to "J. Etika beribadah dan di dalam Mesjid"

Post a Comment