Model Pembelajaran ULAD

Model Pembelajaran - Doa guru untuk anak didiknya agar kelak menjadi anak yang baik, berguna bagi nusa dan bangsa. untuk merealisasikannya perlu semangat dan kerja keras, sebab buah yang jatuh tak jauh dari pohonnya. Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap insan mulai dari buaian sampai ke liang lahat. sebagai seorang peserta didik semestinya dapat menguasai semua hal terkait materi yang sudah diajarkan. sayangnya tidak semua peserta didik memiliki semangat yang tinggi dalam menyelesaikan semua kegiatan di sekolah. bahkan ada yang tidak memperdulikan apa yang disampaikan oleh guru karena motivasi yang rendah, maka semua kemampuan kognitifnya juga akan berkurang. Oleh karena itu diperlukan terobosan baru lewat model pembelajaran efektif, inovatif, dan kreatif, yang dilakukan oleh seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengenalkan model pembelajaran yang menyenangkan dan membekas, artinya anak didik ingin model pembelajaran yang bervariasi agar tidak bosan. Lentera Guru hadir dengan penampilan yang  unik dan menarik karena model pembelajarannya disajikan adalah untuk satu semester. Jadi antara satu model dengan model yang lainnya berkesinambungan, dan insyaAllah mudah diterapkan disemua jenjang pendidikan mulai dari tingkat (TK,SD,SMP/MTS,SMA/SMK/MAN dalam rangka membangkitkan semangat anak-anak dalam belajar. Adapun model-model pembelajaran yang akan lentera Guru paparkan antara lain : ulad, bisik tebak, menebak kata menjadi bermakna, Domino, dan serangan balik. Apakah model pembelajaran itu ? Bagaimana langkah-langkah pembelajarannya ?
Berikut penjelasannya !

Guru mempraktekkan Model Pembelajaran ULAD
1. Model pembelajaran ULAD (udara,laut, darat)
Adalah model tanya jawab dengan aba-aba udara,laut,dan darat susunan kursi membentuk lingkaran. Bagi  siswa yang tak mampu menjawab konsekuensinya adalah keluar dari lingkaran.

 Langkah-langkahnya :

 Tahap pertama
  1. Guru membuka pelajaran dengan doa
  2. Masing-masing siswa diberi label  (udara,laut,dan darat)
  3. Susunan kursi membentuk lingkaran besar
  4. Guru berdiri ditengah menyampaikan judul materi, menjelaskan tujuan pembelajaran,dan model pembelajaran yang akan diajarkan
  5. Guru memberi aba-aba ULAD (udara, laut,darat) dengan jari telunjuk kearah siswa
  6. Setelah guru mendapati sasaran, maka ia diberi kesempatan berdiri ditengah (samping guru)
  7. Guru mempersilahkan siswa tersebut bertanya tentang materi yang kemarin dengan aba-aba ULAD
  8. Bagi siswa yang ditunjuk menjawab dengan benar,maka siswa tersebut tetap pada lingkaran, dan jika jawaban salah,siswa tersebut keluar dari lingkaran. 
Tahap kedua
  1. Guru berdiri ditengah menjelaskan poin-poin materi yang akan dibahas
  2. Siswa diberi kesempatan bertanya tentang poin-poin materi yang telah dijelaskan
  3. guru kembali memberi aba-aba ULAD (udara, laut, darat) dengan jari telunjuknya kearah siswa
  4. Bagi siswa yang ditunjuk supaya memberikan pertanyaan kepada siswa yang diluar lingkaran
  5. Jika pertanyaan itu dijawab dengan benar, maka siswa tersebut boleh masuk kedalam lingkaran
Tahap ketiga

  1. Guru kembali berdiri ditengah dan mempersilahkan siswa/i menyimpulkan materi yang telah dijelaskan
  2. Setelah didapat beberapa siswa/i menyimpulkan, barulah guru menyimpulkan sendiri
  3. Guru menutup pelajaran 
Siswi mempraktekkan Model Pembelajaran ULAD

0 Response to "Model Pembelajaran ULAD"

Post a Comment