Al-Imam Ibnu Al-Jauzi



Nasabnya:
Beliau adalah Abdurrahman bin Ali bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abdullah bin Ahmad bin Muhammad bin Ja'far Al-Jauzi: Abu Al-Farj, Al-Quraisy At-Taimiy Al-Bahiriy. Nasabnya bersambung dengan Abubakar Ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu.
Kelahirannya:
Beliau dikenal juga dengan sebutan Al-Baghdadi karena beliau dilahirkan dan tinggal di sana. (508 - 597 H / 1114 - 1201 M)
Pertumbuhannya:
Ibnu Al-Jauzi dibesarkan di Baghdad, beliau menuntut ilmu sejak kecil dan sejak itu pula beliau telah hafal Al-Qur'an dan mempelajari hadits dari Abu Al-Fadhl Ibnu Nashir Al-Hanbali, seorang hafidz yang kuat. Beliau menimba berbagai macam ilmu yang cukup banyak dari Nashiruddin Az-Zaghuni Al-Hanbali khususnya ilmu-ilmu yang berkaitan dengan hadits, fiqh dan ilmu pendidikan.
Beliau seringkali mengadakan safar dalam rangka menuntut ilmu, membaca buku-buku fiqh dan masalah-masalah khilafiyah, serta buku yang berkaitan dengan dasar-dasar ilmu fiqh yang dikarang oleh Abubakar Ad-Daenuri dan Al-Qodhi Abu Yu'laa Al-Fara' dan masih banyak lagi yang lain sampai beliau menetap di Baghdad. Waktu muda beliau terkenal sebagai pengembara guna menuntut ilmu. Sejak itu pula beliau meninggalkan senda gurau dan permainan. Di samping itu beliau terkenal pula sebagai orang yang kritis dan cepat dewasa.
Al-Hafidz Ibnu Al-Jauzi pada masanya terkenal sebagai tokoh ilmu. Beliau banyak menerjuni bidang pendidikan dan karang-mengarang. Beliau terkenal lantaran majlis nasehatnya dan karena gaya bicara beliau yang bagus dalam majelis tersebut, beliau tergolong sebagai tokoh dalam bidang ini. Kemudian tersebarlah kabar ini hingga tenarlah nama baik beliau. Peserta majelisnya beribu-ribu sehingga beliau tidak mampu menyampaikan pesan-pesannya kepada mereka kecuali dengan mengangkat beberapa mubaligh.
Beliau mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan Al-Abasyi (yang menjabat sebagai khalifah pada tahun 566-575 H) dan dengan khalifah An-Nashir (yang menjabat sebagai khalifah pada tahun 575-662 H). Kedua tokoh khalifah tersebut mengijinkan kepada seluruh rakyatnya untuk memasuki istana dalam rangka mendengarkan nasehat Ibnu Al-Jauzi.
Beliau juga terkenal membidangi dalam hal hadits dan ilmunya, mampu menyusun, mengumpulkan dan menelitinya. Beliau telah menyiapkan sebuah naskah yang diambil dari kitab Imam Al-Ghazali, Ihya' Ulumuddin dan beliau membersihkannya dari hadits-hadits yang dha'if.
Dan beliau tidak pernah mengabaikan ilmu apapun, akan tetapi beliau selalu menulisnya dalam sebuah buku. Kami tidak bisa menyebutkan nam buku-buku beliau yang masyhur secara satu persatu, karena jumlahnya mencapai berpuluh-puluh. Dalam hal ini Al-Hafidz Adz-Dzahabi mengatakan: 'Belum pernah saya mengetahui seseorang dari kalangan ulama yang banyak menyusun buku kecuali orang ini.' Sebagaimana pula yang dikisahkan oleh Ibnu Rajab dalam bukunya yang mengupas tentang ihwal Hanbali yang didapatkan dari Ibnu Taimiyah, beliau berkata: 'Saya mengoleksi lebih dari seribu penyusun buku, lalu aku dapati seorang penyusun yang sangat istimewa dan belum pernah aku dapati sebelumnya.'
Wafatnya
Al-Imam Abu Al-Farj rahimahullah Ta'ala, wafat pada malam Jum'at yanggal 12 Ramadhan 597 H / 1201 M pada usia beliau hampir mencapai 90 tahun, dimakamkan di Babul Harb, Baghdad dekat dengan makam Imam Ahmad bin Hanbal. Beliau mempunyai lima putera dan lima puteri.Setelah beliau meninggal, dilanjutkan oleh putra laki-lakinya yang bernama Abu Al-Qasim yang lahir pada tahun 580 H dan beliau mati syahid ketika negeri Tartar mengadakan serangan ke Baghdad pada tahun 656 H. Semoga Allah memberikan balasan atas berbagai ilmu yang beliau tinggalkan dan dapat bermanfaat  bagi kaum muslimin dengan balasan yang sebaik-baiknya. Semoga pula menjadi amal beliau yang tak terputus.

0 Response to "Al-Imam Ibnu Al-Jauzi"

Post a Comment